Senin, Oktober 27, 2008

Cerita Lebaran

Mumpung masih bulan syawal, mau cerita lebaranan dulu ah, sebelom ceritanya jadi basi,, dan kelupaan, hehehe.

1 Oktober 2008, 1 Syawal 1429H

Dari hari2 sebelumnya, kita b3 kan udah di bintaro. Nas, waktu malam takbiran, setelah buka puasa, kita ke pasar minggu main kembang api. Malamnya balik lagi ke bintaro (pyuhh, cappe amat yak, bolak balik).

Nah, waktu hari lebarannya, kebetulan gw lagi ngga sholat, padahal udah niatan mo bawa rizki ke mesjid dekat rumah. eh, si Rizkinya karena malem banget baru tidur, jam 7 juga blom bangun. Mo gimana lagi dong. Akhirnya setelah gw tunggu2, jam 7 lewat gw bangunin aja, trus mandiin, pakein baju. sayang, gak sempat moto, padahal rizki sama ayah pake baju samaan, itu loh, baju gamis yang beli di Arab.
Udah siap, gw ama rizki langsung ke mesjid, di depannya aja sih. Sambil dengerin ceramah, rizki main2 sama anak2 yang pada di depan situ juga. Waktu itu, ana anak cewe seumuran rizki, genduuuutttttt banget. Rupanya dia gemez sama rizki, di cubit gemes deh pipinya. Rizki naingis jerit2. Taunya, OMG, pipinya kena kuku tu anak sampe berbekas dan ada darahnya dikit. Ihhhh, sebel banget deh. Tangan rizki juga digemesin ama dia, sampe kena kuku dan merah. Naksir kali tu anak cewe sama rizki, kan anakku gantenggg..........
Tunggu punya tunggu, akhirnya ceramahnya selesai. Ge mejeng aja di depan mesjid, klo ada yang kenal gw salaim. Sambil nunggu ayah, micik dan nyakwa. Begitu ngeliat rizki, langsung pada heboh. Hehehe, ngga nyangka kan anak gw pakein baju gitu. Pulang ke rumah, langsung maap2an. Si mamak nangis2, biasa klo maap2an lebaran konon emang gitu. (ya iya lah, ngga kayak keluarga gw, yang maap2an sambil ketawa ketiwi). Serius bo!.
Abis itu, pada makan deh. Loh, kok, makan. Kan ge kudu buru2 ke Pasarminggu, karena keluarga bokap pada ngumpul di rumah, keluarga nyokap juga. Yah, ngunggu deh. Soalnya, kita kudu bareng2 ke makam Alm Ayah mertua dulu, Di Tanah kusir. Jarak dari rumah emang cuma 15 menit, dengan catatan, ngga macet. Lah ini, lebaran gitu loh, ya pasti macet lahhhhhh.............
Ternyata bener. udah macet, jadi sampe sana 30 menitan. Udah rame banget. Mulai dari orang yang mau ziarah, tukang makanan, sampe minta2. Di makam Alm Ayah, baca2 doa, tabur2 bunga.Rizki ya ngga bisa diem. Sibuk aja nyabutin rumput, hihi. Abis dari situ, baru deh kita b3 cabut ke psm.
baru aja masuk tol veteran, rizki udah tidurrrr. Sampe pasar minggu, untungnya tamu blom pada dateng. Dan rizki masih tidur. NyalainAC, masukin kamar, dan sukses tidur sampe jam 11.
Tamu 1 dari keluarga Tante Wiwi(Om Royo, T Wiwi, Ari,Citra) adik nyokap, trus Tante Nana (Om Endang,T Nana Dian,Surya,Jaka), adik nyokap juga. Makan2, foto2, trus mereka lanjut ke tempat lain. Tinggal tunggu rombongan berikut nih kita, yaitu Keluarga besar Bokap.
Jam 12 kurang baru deh pada dateng. Ngga serame biasanya, tapi lumayan lah, rumah terasa sangat puanas. Anak2 pada kegerahan banget, jadi terpaksa dimasukin ke kamar Ira buat main sekalian NgAC. Acara utama selain makan, ya maap2an dan foto2 (lageee!!!).
Dan akhirnya, setelah rombongan Om Farid-Tante Ice dari Surabaya pulang, selesai sudah rangkaian lebaranan di psm. Tinggal beberesnya nih. Kaki udah lumayan pegel. Tapi ya masa nyokap dibiarin beres2 sendiri seh. mana Iman dan keluarga udah berangkat ke Cirebon, jadi deh, beres2 sambil ngobrol. Sementara, anak2 dan suami pada tidurrrrrrrrrrrr.......
Sorenya, sebenernya ada kumpul2 keluarga nyokap di Condet (rumah Eyang Giri, adik Ninik-ibunya nyokap). Gw gak ikut, soalnya masih harus ke rumah sodara2nya suami. Pas banget magrib, kita b3 an ke Slipi, ke rumah Nyakwa Slipi. Dilanjutkan ke Cawang, rumah macik Neh, lanjut ke Pasarrebo,rumah Acut Rahman. Lanjut ke bintaro lagi. Tidurrr???, yang lain tidur, gw siap2in botol susu dan nyetrika, hehehe...

2 Oktober 2008

Pagi2, udah beres2 rumah. Gw nyuci lah. Trus nyuci piring dan masak air. Heran aja ni pada kagak mau cuci piring, numpuk mulu. Jam 9 an, ada tamu, Kak Eva dari bojong. Main2 dulu deh, karena ada si Maira yang seumuran rizki. Abis itu, stelah kak Eva, tante wiwi ke rumah juga, sekalian ngeliat rumah nenek gw yang lagi dibangun, yang letaknya di depan rumah mertua gw. Abis tu, berturut2 keluarga slipi,kel Om Din, dll pada dateng. Siang itu juga, sepupu ayah Abua Budi mau berangkat ke Jepang. Sama Micik kita semuwa disuruh ikut ke bandara. deu, kayak mau nagnter sapa aja. Mana muat pula tu mobil, mosok gw disuruh desak2an, ngga lah yau. Lagian juga, pasti masih akan ada tamu2 yng datang. Akhirnya, gw, rizki,nenek prapti dan Nyakwa Nuri yang di rumah. bener aja, ngga lama, dateng para tetamu, termasuk Oki-Fani, temen ayah. Untung mereka mau nungguin sampe ayah pulang dari bandara loh,. klo ngga, kan kitanya yang gak enak.
Sepulang dari bandara, malam itu juga, Acut Rahman sekeluarga berangkat ke Jawa, ke kampungnya Macik prapti. Mereka sih jarang pulang kampung, ini juga karena ada hajatan, nikahan adik macik. jadi deh kita di rumah ber4an aja.

3 Oktober 2008

Pagi2, seperti biasa, beberes. Siang, kita jalan deh ke Jatinegara dan klender. Abis magrib, sempet ke Rumah Kak Nunu. Si rizki seneng banget,karena ada 3 cowok2 kecil. Sebenernya mereka ini klo diurut2 adalah Acut (om) buat rizki. Tapi karena kesalahan dari panggilan kita ke Ibunya (Kak Nunu), jadi kebingungan deh soal panggilan. Dari situ, kita pulang deh ke bintaro lagi.
Rizki dan anak2 kak Nunu

4 Oktober 2008

Hari ini kita pergi tanpa micik. gak tau kenapa, katanyamicik gak enak badan,. ya sud lah, yang penting kita memang udah niat mo kelilingan.

Dan seterusnya, ada peristiwa2 yang bikin ngga enak hati, ngga enak buat yang1 dan lainnya. Kadang, kejujuran memang perlu, walaupun ngga bisa diterima semua pihak. Tapi, bukan berarti kita harus memaksakan kehendak toh??? Semoga diberikan kelapangan hati, dan bisa saling memaafkan ya. (hiks..hiks..)

(Foto2 lain nyusul ya)

Tidak ada komentar: