Jumat, Februari 06, 2009

TOILET TRAINING

MAAAAAAA........PIPISSSS......

ini cara rizki bilang klo mau pipis. Disusul kita yang nggandeng dia sambil lari2 ke kamar mandi. Klo ngga, bisa keboboran bocor di jalan, hehehe.

Alhamdulillah, udah 2 hari Rizki pagi sampe sore ngga pake pampers, ngga mau sih. Udah bisa bilang pipis dari lama, tapiy, biasanya langsung pipis saat itu juga, ngga bisa nahan sampe ke kamar mandi.

Ternyata, anak emang ngga bisa dipaksa ya. Kita orangtua (dan orang yang lebih tua) aja yang suka memaksakan. Contohnya, ya soal pipis tadi. Pake pampers mulu, disalahin. Emang salah membiasakan pake pampers, tapi, masa di rumah orang ngompol dimana2, Toh anaknya bisa alami belajar sendiri pipis di kamar mandi. Contoh lain, soal minum ASI alias nenen. Dari lahir sampe kur leb 1,5 tahun, kan emang masih nenen, sampe 1 tahun malah porsinya lebih banyak dibanding sufor. Tapiy, kok ya mama ngerasa kurang didukung ya. mungkin, memang sosialisasi "betapa hebatnya ASI" perlu banget disampein ke orang2, baik generasi dulu maupun generasi sekarang.
Pyuhh, jadi curhat. Masih banyak lagi deh yang lain, soal MPASI setelah umur 6 bulan, soal no gula garam, sampe soal belajar baca dan belajar agama, yang menurut gw ngga bisa dipaksakan ke anak. Ada masanya si anak akan bisa memahami, bahkan tanpa kita sangka2. Kalo dipaksakan, anak malah akan cenderung menolak dan tidak mau tau.

So, walaupun udah beli pampers banyak, kalau rizkii ngga mau pake pampers dan udah bisa pipis di toilet, mama senaaaaaanggggg banget.

Berarti bulan depan bisa irit, hehehe....

1 komentar:

ary mengatakan...

Setuju, emang semua ada masanya, gk usah dipaksa ya In. Dahsyat emang manfaat ASI yah, sepupuku yg minum ASI mpe 2 taun, itu IPKnya (4 kakak adek), gk pernah meleset dari 3.8. Smoga anak kita bisa gitu juga ya In.