Senin, November 10, 2008

Masyarakat Skoliosis Indonesia

Baca judulnya ajah, dukh kayaknya berat ya. Padahal mah, yang ngjalanin biasa aja, walau kadang2 masih nyeri plus ngilu.
Kemaren, hari minggu pagi, mama,rizki dan ayah pagi2 udah ke senayan. mau ngapain?? Olahraga???ya tidak lah. mau liat2 orang pada olahraga sambil jajan, hahaha. Sekalian, acara intinya, si mama diundang sama panitia MSI untuk menghadiri launching. Wong di sms dan di ingetin via Ym melulu sama mbak trie (kenalan baru nih), mama jadi semangat buat dateng. Apalagi, bisa konsultasi gratisan, hihihi.
Mungkin ada yang ngga familiar ya sama istilah skoliosis.

"Skoliosis dinyatakan sebagai suatu kelainan bentuk pada tulang belakang dimana terjadi pembengkokan tulang belakang kearah samping kiri atau kanan. "

Nah, para penyandang/penderita skoliosis beserta orang tuanya, dan juga para dokter yang mendalami penyakit ini, membentuk suatu organisasi, ya MSI itu.

Mungkin (dan emang bener sih), banyak yang ngga tau kalau mama rizki ini skoliosis, dan udah operasi tahun 2000 dulu. Jadi, sampai sekarang, di punggung mama ada semacam pen sepanjang beberapa belas senti yang gunanya buat membantu meluruskan dan mengurani derajat kebengkokan tulang. Gimana rasanya, yaaaaaa, gitu deh. Kadang rada2 nyeri, kadang lupa, kadang pura2 lupa dan pura2 sehat2 aja, hahaha. Secara, di kantor baru ini udah pada tau kalo mama penyakitan (sering flu), tapi blom tau kalau di punggung mama ada "barang berharga" (ya iya lah, wong pen ini harganya belasan juta, hehehe).

Sejarahnya kenapa bisa dioperasi, itu karena mamanya mama (alias neneknya rizki) ngeliat kok pinggul mama tinggi sebelah, gak sama gitu kiri kanannya. langsung deh diajak ke dokter syaraf (catat: bukan sarap!!). kenapa ke dr syaraf, karena si nenek juga lagi berobat kakinya ke dokter syaraf. Sama si dokter disuruh ronsen, and dari hasil ronsen itu kelihatan gambar tulangnya kok bengkok ya. Dan Sang dokter ngasih surat rujukan ke spesialis tulang belakang, dr Suproto Sapardan.

Nemuin dokter ini penuh perjuangan loh, kudu ngantri sampe malem. Soalnya, pak dokter ini orang nomor 1 dalam penanganan bedah tulang belakang, profesornya deh. Setelah ketemu dia, diobservasi, ukur sana sini, dibilang deh, udah 40an derajat, dan harus operasi. olala, ngga nyangka aja. prosesnya cepet banget. apalagi, si nenek langsung aja gitu nyetujuin.......
(cerita tentang pemeriksaan dan operasinya nyambung besok ya)

Lanjut aja tentang MSI, Di launching kemaren, gak banyak kenalan. Cuma sempet ketemu mbak trie dan LG. Abis itu cepet2 pulang, dah janji mo kerumah orang. De, dapet salam tuh dari LG.

pas mo pulang, pamitan dulu sama panitia (mbak trie), eh, dibekelin kaos sama pin. hehe, ma kasih ya mbak. Besok2 kalo ada acara lagi kasih tau ya, sapa tau bisa ikutan ampe selesai.
Ni ada sedikit foto2 waktu disana.

Tidak ada komentar: